Jadikan hidup kita lebih berharga dan lebih berarti dengan bersyukur atas apa yang kita miliki

Saturday, June 29, 2013

Tips memilih aplikasi di google play

Sejauh ini google telah melakukan verifikasi yang ketat atas aplikasi yang masuk di google play,namun tetap saja terkadang masih ada scam,adware,malware yang masih bisa lolos masuk ke google play,meskipun cepat atau lambat google akan mengetahui & menghapusnya,seperti aplikasi berbayar yang ternyata scam (bbm untuk android) yang telah diunduh lebih dari 100,000 user,dengan banderol harga $1 maka pemilik aplikasi tersebut berhasil mengumpulkan uang sebesar $ 100,000 atau setara 1 milyar rupiah.
Nah untuk menghindari tertipu oleh aplikasi palsu maka saya punya sedikit tips :

1. Setelah anda tertarik dengan sebuah aplikasi,sebelum anda mendownloadnya tidak ada salahnya anda membaca deskripsi dari aplikasi tersebut,sehingga anda benar paham bahwa aplikasi itu sesuai yang anda butuhkan,dan pastikan aplikasi tersebut bisa berjalan diperangkat yang anda miliki karena terkadang ada aplikasi yang hanya bisa berjalan dengan spesifikasi tertentu

2. Lihat siapa developer nya,jika dari google sudah ada logo Top Developer ataupun editor choice maka anda tak perlu lagi ragu untuk menginstal aplikasi tersebut,jika tidak ada logo top developer atau editor choice,maka pastikan bahwa benar itu adalah aplikasi asli yang dibuat perusahaan tertentu untuk memudahkan penggunanya untuk mengakses produk atau menikmati layanannya,cara cek alamat website developer dan email support nya.(sederhana saja sebuah aplikasi yang dibuat oleh perusahaan tidak mungkin menggunakan website atau email gratisan) & pastikan alamat website nya sesuai dengan alamat website asli perusahaan tersebut.jika aplikasi dibuat oleh perorangan maka anda harus lanjut ke poin ke 3 & ke 4

3. Lihat dulu review user yang telah mendownload nya,semakin rating nya bagus maka aplikasi tersebut memang bagus,jika ratingnya jelek dan review user nya  juga banyak yang bilang jelek maka urungkan dulu niat anda untuk mendownloadnya.

4. Lihat apa saja ijin yang diminta aplikasi tersebut karena jika anda salah mengijinkan sebuah aplikasi jahat mengakses data anda,maka bisa saja data anda dicuri dan handphone,tablet atau gadget lain anda bisa dikontrol dari jarak jauh.maka hatilah-hatilah dalam memilih aplikasi.

5. Dan yang terakhir adalah pesan dari penulis,pilihlah aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan anda,dan untuk aplikasi berbayar pilihlah dengan tepat sebelum anda membelinya,karena banyak aplikasi dengan nama dan developer yang berbeda namun kegunaan & fungsinya hampir sama,jadi pilihlah yang benar-benar tepat sesuai kebutuhan anda.
Demikian sedikit tips dari saya agar anda terhindar dari aplikasi jahat.