Jadikan hidup kita lebih berharga dan lebih berarti dengan bersyukur atas apa yang kita miliki

Thursday, June 06, 2013

Cara Aktivasi VCN BNI buat Debit Online

Sebelumnya pernah saya bahas tentang cara verifikasi paypal lewat kartu debit bank bni & juga cara beli aplikasi google play tanpa kartu kredit yaitu menggunakan VCN BNI,dari kedua posting saya tersebut,sebetulnya intinya adalah kita harus membuat mengaktifkan fitur VCN pada kartu debit BNI yang kita miliki.

Sebelum panjang lebar saya jelaskan sedikit yg saya tahu dari VCN,VCN itu adalah Virtual Card Number,dimana nomor tersebut adalah nomer kartu virtual yg bisa digunakan untuk transaksi online,sehingga kita tidak perlu menggunakan no.kartu yg asli dalam melakukan transaksi,tentunya hal ini dimaksudkan untuk melindungi nasabah dari website2 palsu yang ingin mencuri data nasabah,karena data nasabah hanya terhubung langsung ke no. kartu yg asli.sedangkan data VCN tidak langsung berhubungan dengan data nasabah yang ada di bank.

VCN itu sendiri bisa diatur limitnya,jumlah transaksinya serta masa berlakunya,namun setahu saya untuk saat ini VCN BNI hanya dapat melakukan pengaturan limit,sedangkan pengaturan jumlah transaksi dan masa berlakunya sudah otomatis dari sistemnya.

Nah sekarang kita kembali ke awal yaitu cara aktivasi VCN BNI untuk debit online nya,karena ternyata kartu debit bank BNI sendiri belum benar2 online,maka dari itu kartu asli (kartu atm asli bni) belum dapat dipergunakan untuk transaksi online & hanya VCN nya saja yg online.terlepas dari itu semua,sampai saat ini bank BNI merupakan bank besar satu2nya di indonesia yang memiliki fitur ini,dan tentunya sangat bermanfaat sekali bagi orang yang ingin bertransaksi online namun tidak memiliki kartu kredit.

cara aktivasi nya sendiri sangat mudah,bagi yang belum menjadi nasabah bank BNI tinggal datang saja ke bank BNI untuk menjadi nasabah,dan selanjutnya berikut ini tata caranya :

1. Pertama-tama aktivasi sms bangking bank BNI,datang aja langsung ke kantor cabang

2.Jika sms banking sudah aktif maka kita kita tinggal aktivasi VCN nya,cara nya telp ke call center bank BNI 500046 atau (021) 500046 dari telp selular,karena untuk saat ini kata CS nya memang harus aktivasi manual oleh call center.

3.Jika VCN sudah aktif max 1x24 jam,maka kita bisa langsung menggunakan fiturnya

4.Cara nya ketik REQ VCN 50000 kirim ke 3346, 50000 adalah Rp 50000 yang artinya jika kita ingin meng online kan uang sebanyak 50rb rupiah,dan dapat diganti dengan jumlah yang ingin kita buat VCN tinggal ganti saja nominalnya saja

5.Kita akan dapat sms balasan dari 3346 meminta memasukkan pin sms banking,setelah kita memasukannya dengar benar maka kita akan langsung mendapatkan balasan berupa nomor VCN nya beserta security code nya.

6.Setelah dapat VCN nya langsung bisa kita gunakan untuk bertransaksi online

Tips :
- Daftarkan jumlah uang sesuai dengan harga barang yg akan kita beli,kalau jumlahnya kurang tentu kita tidak bisa menggunakannya,jika lebih memang tidak berpengaruh namun alangkah bijaknya bila sesuai yang akan kita beli saja,karena menurut saya VCN BNI hanya untuk sekali pakai artinya jika sudah dipakai sekali tidak bisa digunakan lagi meskipun masih ada sisa saldo VCN nya,tapi jangan khawatir karena uang kita tidak akan hilang,karena saldo yg terpotong di rekening tabungan kita hanyalah yang kita gunakan untuk bertransaksi.misalnya kita daftar Rp 100000 kita belanja $5 (kurang lebih Rp 50000),maka yang terpotong di rekening kita hanyalah Rp 50000 dan bukan Rp 100000.
Rp 100000 hanyalah limit maksimum untuk belanja dengan VCN tersebut,maka jika transaksi yg kita lakukan melebihi Rp 100000 tentunya VCN tidak bisa digunakan,dan karena sifatnya hanya sekali pakai maka ketika kita hanya belanja $5 dari Rp 100000 yang kita daftarkan maka kita tetap tidak bisa menggunakannya untuk bertransaksi lagi,meskipun hanya $1 kita mesti daftar VCN baru.
- sekian yang bisa saya jelaskan,jika kurang jelas silahkan tanya langsung ke BNI,karena yang saya tulis hanya berdasar pengalaman saja,saya tidak bekerja di BNI,dan saat ini tentunya saya tidak sedang berpromosi,saya hanya berusaha menjelaskan sedikit hal yang saya tahu,saya bersedia menerima koreksi bila ternyata ada yang salah atas apa yg saya jelaskan.